Fungsi Tachymeter Pada Jam Tangan

Seiring dengan perkembangan jaman, kini jam tangan tidak hanya digunakan sebagai alat penunjuk waktu. Jam tangan juga menjadi salah satu kebutuhan pokok. Banyak produsen jam tangan yang menambahkan beberapa fitur unggulan pada jam tangan buatannya. Salah satunya adalah Casio. Produsen jam tangan dunia ini menambah fitur Tachymeter pada jam tangan seri Edifice. Apakah fungsi utama dari Tachymeter ini?

Tachymeter adalah salah satu alat ukur "kecepatan". Fitur Tachymeter ini tidak sulit ditemukan pada jam tangan Casio. Jika jam tangan Anda memiliki deretan angka-angka kecil di sekeliling luar lingkaran angka-angka, maka jam yang Anda gunakan sudah memiliki fitur Tachymeter. Angka itu searah jarum jam berturut-turut yang menunjukkan angka 500, 400, dan terus mengecil hingga angka 60.

Ada aturan yang “memudahkan” Anda dalam menggunakan Tachymeter, yaitu Anda harus menetapkan jarak sepanjang 1 kilometer terlebih dahulu. Selanjutnya hanya memulai perhitungan (bisa dengan menekan tombol stopwatch pada jam tangan atau menunggu saat jarum detik berada pada angka “12”).

Rumus sederhana tachymeter adalah 3.600/angka detik = kecepatan (km/jam) atau 720/angka jam = kecepatan (km/jam), biasanya angka yang tertera pada jam tangan berkisar 500 hingga 60, artinya untuk rentang 1 kilometer, kecepatan yang diukur adalah pada rentang 7,2 - 60 detik.

Berikut ini beberapa jam tangan Casio yang dilengkapi dengan fitur Tachymeter :

a) Jam tangan Casio Edifice EF-558D

jam-tangan casio-edifice-ef558d

b) Jam tangan Casio Edifice EQS-A500B

jam-tangan-casio-edifice-eqsa500b

c) Jam tangan Casio Edifice EFR-520L

jam-tangan-casio-edifice-efr520l

Share This Post

Konsultasi dan Pembelian Jam Tangan Silahkan Menghubungi Kami

  • Phone : 0341-488-511
  • Call/SMS/WhatsApp : 0852-55-88-2010
  • PIN BBM : 755C9CED
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jawa Timur Indonesia